Pages

Rabu, 06 Januari 2016

Manajemen Peserta Didik

LAPORAN OBSERVASI
 “Pengelolaan Peserta Didik”
(Di MI Al-Wathaniyah)

O
L
E
H
KELOMPOK 2
                                1. YULI NUR INDAHSARI
                                                       2. MAIMUNA FATAHA
                                                       3. ANITA MUSLIM
                                                        

JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO
2015




  IDENTITAS SEKOLAH

Nama Sekolah                : MI Al-Wathaniyah
Alamat                           : Jln. Sultan Botutihe No. 46 Kel. Ipilo Kota
                                                  Gorontalo
Telepon                           : (0435) 821366
E-Mail                            : MI_Al-Wathaniyah.co.id
Kepala Sekolah              : Ismail Moh. Haluti, S.pd.I



  LEMBAR PENGESAHAN

Laporan hasil observasi lapangan tentang ”Pengelolaan Peserta Didik” di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang dilaksanakan pada tanggal 8 Oktober 2015 telah disetujui dan disahkan di Gorontalo pada tanggal 8 Oktober 2015.


   Yang Mengesahkan,

Kepala MI Al-Wathaniyah                                                        Dosen Pengajar          




Ismail Moh. Haluti, S.pd.I                                                    Dr. Arifin Suking, M.Pd             
NIP. 197306021996031001                                                 NIP.198803272010121001                    


    Mengetahui,
                                                             Ketua Jurusan          




                                                          Dr. Arifin Suking, M.Pd
                                                          NIP.198803272010121001     



KATA PENGANTAR
           
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan observasi tentang Pengelolaan Peserta Didik dengan tepat waktu.
            Laporan Observasi ini disusun agar pembaca dapat memperluas pengetahuan tentang “Pengelolaan Peserta Didik””, dan menjadi salah satu syarat kelulusan mata kuliah Manajemen Peserta Didik, yang kami sajikan berdasarkan pengamatan dari lapangan langsung dan berbagai sumber. Adapun laporan ini telah kami usahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan laporan ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan laporan ini.
            Penyusun juga mengucapkan terima kasih kepada dosen pengajar Manajemen Peserta Didik yaitu bapak Dr. Arifin Suking, M.pd yang telah membimbing penyusun agar dapat mengerti tentang bagaimana cara kami menyusun laporan observasi ini.
            Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadar sepenuhnya bahwa ada kekurangan baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberikan kritik dan saran kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki laporan ini.
            Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dengan adanya laporan ini dapat diambil hikmah dan manfaatnya sehingga dapat memberikan inpirasi terhadap pembaca.

                                                                                                           
                                                                                                GORONTALO, Oktober 2015

                                                                                                                Penyusun



DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR                                                                                                           i
IDENTITAS SEKOLAH                                                                                                       ii
LEMBAR PENGESAHAN                                                                                                   iii
DAFTAR  ISI                                                                                                                         iv
Bab I Pendahuluan
1.1   Latar Belakang                                                                                                     6
1.2   Rumusan Masalah                                                                                                7
1.3   Tujuan Observasi                                                                                                 7
1.4   Manfaat Observasi                                                                                               7
Bab II Tinjauan Pustaka
2.1 Penerimaan Peserta Didik Baru                                                                            8
2.2 Pembinaan Kesiswaan                                                                                           10
2.3 Kelulusan dan Alumni                                                                                           14 
Bab III Pembahasan
3.1 Pelaksanaan Observasi                                                                                         17
3.2 Waktu                                                                                                                   17
3.3 Prosedur                                                                                                                17
Bab IV Hasil Observasi
4.1 Penerimaan Siswa Baru                                                                                         18
4.2 Pembinaan Kesiswaan                                                                                           19
4.3 Kelulusan dan Alumni                                                                                           21
Bab V Penutup
            5.1 Kesimpulan                                                                                                           23
            5.2 Saran                                                                                                                     23
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN
SURAT KETERANGAN
DOKUMENTASI OBSERVASI
BAB I
PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang
Dalam hal ini pengelolaan peserta didik menurut Hendayat Soetopo dan Wasty Soemanto (1982) adalah merupakan suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu dari mulai masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah atau suatu lembaga. Dengan demikian pengelolaan peserta didik itu bukanlah dalam bentuk pencatatan/ pengelolaan data peserta didik saja, melainkan meliputi aspek yang lebih luas, yang secara operasional dapat dipergunakan untuk membantu kelancaran upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah.
Kegiatan- kegiatan pengelolaan pengelolaan pendidikan yang baik yang berkenaan dengan pengelolaan kurikulum dan pengajaran, tenaga kependidikan, prasarana dan sarana, keuangan, hubungan sekolah dan masyarakat, maupun layanan khusus pendidikan, diarahkan agar peserta didik mendapatkan layanan yang optimal. Oleh karena itu pengelolaan peserta didik memiliki kedudukan paling penting yang merupakan sentral layanan sekolah. Pengelolaan peserta didik menitikberatkan pada pelayanan siswa secara individual dengan harapan agar para siswa dapat berkembang sesuai dengan bakat, kemampuan dan perbedaan individu masing-masing sehingga dengan adanya pengelolaan peserta didik ini dapat membantu kelancaran upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik tersebut melalui proses pendidikan disekolah.
Dengan demikian, pada kesempatan ini kami akan melakukan observasi tentang Pengelolaan Peserta Didik di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo untuk melihat secara langsung bagaimana sistem pengelolaan peserta didiknya disekolah tersebut.



1.2   Rumusan Masalah
Rumusan masalah dalam laporan ini diantaranya adalah sebagai berikut:
1.        Bagaimanakah sistem penerimaan siswa baru di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang meliputi pendaftaran, seleksi, dan penentu kelulusan?
2.        Bagaimanakah program pembinaan di Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang meliputi penempatan peserta didik, kedisiplinan, proses pembelajaran, evaluasi belajar, mutasi, serta intrakurikuler dan ekstrakurikuler?
3.        Bagaimanakah kelulusan di Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang meliputi persiapan ujian, ujian, kelulusan, serta alumni?

1.3   Tujuan Observasi
Tujuan dari dilakukannya observasi ini selain untuk memenuhi tugas dalam mata kuliah Manajemen Peserta Didik  juga bertujuan:
1.    Untuk mengetahui bagaimana sistem penerimaan siswa baru di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang meliputi pendaftaran, seleksi, dan penentu kelulusan.
2.    Untuk mengetahui bagaimana program pembinaan di Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang meliputi penempatan peserta didik, kedisiplinan, proses pembelajaran, evaluasi belajar, mutasi, serta intrakurikuler dan ekstrakurikuler.
3.    Untuk mengetahui bagaimana kelulusan di Al-Wathaniyah Kota Gorontalo yang meliputi persiapan ujian, ujian, kelulusan, serta alumni.

1.4 Manfaat Observasi
Laporan ini bermanfaat dalam proses pembelajaran guna menambah wawasan tentang Pengelolaan Peserta Didik. Yang dimana didalamnya membahas dari sistem penerimaan siswa baru, pembinaan kesiswaan, serta  kelulusan dan alumninya. Sehingga dengan demikian, laporan ini dapat dijadikan sebagai penunjang dalam pelaksanaan pembelajaran.




BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Penerimaan Peserta Didik Baru
          Penerimaan peserta didik baru sebenarnya adalah salah satu kegiatan manajemen peserta didik yang sangat penting. Dikatakan demikian, oleh karena kalau tidak ada peserta didik yang diterima disekolah, berarti tidak ada yang harus ditangani atau diatur.
            Sistem penerimaan peserta didik lebih menunjuk kepada cara. Berarti, sistem penerimaan peserta didik adalah cara penerimaan peserta didik baru. Ada dua macam sistem penerimaan peserta didik baru. Pertama, dengan menggunakan sistem promosi, sedangkan yang kedua dengan menggunakan sistem seleksi. Yang dimaksud dengan sistem promosi adalah penerimaan peserta didik, yang sebelumnya tanpa menggunakan seleksi. Mereka yang mendaftar sebagai peserta didik disuatu sekolah, diterima semua begitu saja. Sehingga mereka yang mendaftar menjadi peserta didik, tidak ada yang ditolak. Sistem promosi demikian, secara umum berlaku pada sekolah-sekolah yang pendaftarannya kurang dari jatah atau daya tampung yang ditentukan. Kedua, adalah sistem seleksi. Sistem seleksi ini dapat digolongkan menjadi tiga macam. Pertama, seleksi berdasarkan daftar nilai Ujian Akhir Nasional (UAN), yang kedua berdasarkan penelusuran minat dan bakat kemampuan (PMDK), sedangkan yang ketiga adalah seleksi berdasarkan hasil tes masuk.
            Sedangkan kriteria penerimaan peserta didik adalah patokan-patokan yang menentukan bisa tidaknya seseorang untuk diterima sebagai peserta didik atau tidak. Ada dua macam kriteria penerimaan peserta didik. Pertama, adalah kriteria acuan patokan (standart criterien referenced), yaitu status penerimaan peserta didik yang didasarkan atas patokan-patokan yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam hal ini, sekolah terlebih dahulu membuat patokan bagi calon peserta didik dengan kemampuan minimal setingkat mana yang dapat diterima disekolah tersebut. Sebagai konsekuensi dari penerimaan yang didasarkan atas kriteria acuan patokan demikian, jika semua calon peserta didik yang mengikuti seleksi memenuhi patokan minimal yang ditentukan, maka mereka harus diterima semua. Sebaliknya, jika calon peserta didik yang mendaftar kurang dari patokan minimal yang telah ditentukan, haruslah ditolak dan tidak diterima.
            Kedua, kriteria acuan normal (norma crtiterian referenced), yaitu status penerimaan calon peserta didik yang didasarkan atas keseluruhan prestasi peserta didik yang mengikuti seleksi. Dalam hal ini sekolah menetapkan kriteria penerimaan berdasarkan prestasi keseluruhan peserta didik. Keseluruhan prestasi peserta didik dijumlah, kemudian dicari reratanya. Calon peserta didik yang nilainya berada dan diatas rata-rata, digolongkan sebagai calon yang dapat diterima sebagai calon peserta didik. Sementara yang berada dibawah rata-rata termasuk peserta didik yang tidak diterima.
            Ketiga, kriteria yang didasarkan atas daya tampung sekolah, sekolah terlebih dahulu menetukan berapa jumlah daya tampungnya, atau berapa calon peserta didik baru yang akan diterima. Setelah sekolah menentukan, kemudian merangking prestasi siswa mulai dari yang berprestasi paling tinggi sampai dengan prestasi paling rendah. Penentuan peserta didik yang diterima dilakukan dengan cara mengurut dari atas ke bawah, sampai daya tampung tersebut dipenuhi. Jika ada diantara siswa yang rangkingnya, sedangkan mereka sama-sama berada dirangking kritis penerimaan, sekolah dapat mengambil kebijaksanaan antara lain, melalui tes ulang atau siswa-siwa yang rangkingnya sama tersebut. Atau, dapat pula memilih diantara mereka dengan mengamati prestasi lainnya. Bisa juga, menangguhkan penerimaan mereka dengan menempatkannya dalam cadangan, dengan catatan jika sewaktu-waktu ada calon peserta didik yang rangkingnya berada diatasnya mengundurkan diri, yang bersangkutan dipanggil untuk mengisi formulir tersebut.
            Alternatif mana yang dipilih, tentulah harus disepakati bersama dengan tenaga kependidikan disekolah sejak awal-awal perencanaan. Sebab, dengan penetapan terlebih dahulu demikian, telah terdapat kesepakatan bersama antara para personalia sekolah yang lainnya. Disinilah pentingnya rapat penerimaan peserta didik baru.
            Penerimaan peserta didik termasuk salah satu aktivitas penting dalam manajemen peserta didik. Sebab aktivitas penerimaan ini menentukan seberapa kualitas input yang dapat direkrut oleh sekolah tersebut. Adapun prosedur penerimaan peserta didik baru adalah pembentukan panitia penerimaan peserta didik baru, rapat penentuan peserta didik baru, pembuatan, pemasangan atau pengiriman pengumuman, pendaftaran peserta didik baru, seleksi, penentuan peserta didik yang diterima, pengumuman peserta didik yang diterima dan registrasi peserta didik yang diterima.

2.2 Pembinaan Kesiswaan
          A.  Pengelompokan Peserta Didik
            Pengelompokan lazim dikenal dengan grouping didasarkan atas pandangan bahwa disamping peserta didik tersebut mempunyai kesamaan, juga mempunyai perbedaan. Kesamaan-kesamaan yang ada pada peserta didik melahirkan pemikiran penempatan pada kelompok yang sama, sementara perbedaan-perbedaan yang ada pada peserta didik melahirkan pemikiran pengelompokan mereka pada kelompok yang berbeda.
            Pengelompokan bukan dimaksudkan untuk mengkotak-kotakkan peserta didik, melainkan justru bermaksud membantu mereka agar dapat berkembang seoptimal mungkin. Jika maksud pengelompokan demikian malah tidak tercapai, maka peserta didik justru tidak perlu dikelompokan atau digolong-golongkan. Dengan adanya pengelompokan peserta didik juga mudah dikenali. Sebab, tidak jarang, peserta didik didalam kelas, berada dalam keaadaan heterogen dan bukannya homogen. Tentu, heterogenitas demikian, seberapa dapat diketahui tingkatannya sangat bergantung kemampuan diskriminan alat ukur yang digunakan untuk membedakan. Semakin tinggi tingkat kemampuan membedakan alat ukur yang digunakan, semakin tinggi pula tingkat heterogenitas peserta didik yang ada disekolah.
            Alasan pengelompokan peserta didik juga didasarkan atas realitas bahwa peserta didik secara terus menerus bertumbuh dan berkembang. Pertumbuhan dan perkembangan peserta didik satu dengan yang lain berbeda. Agar perkembangan peserta didik didik yang cepat tidak mengganggu peserta didik yang lambat dan sebaliknya, maka dilakukanlah pengelompokan peserta didik, tidak jarang dalam pengajaran yang menggunakan sistem klasikal, peserta didik yang lambat, tidak akan dapat mengejar peserta didik yang cepat. Ada banyak jenis pengelompokan peserta didik yang dikemukakan oleh para ahli, Mitchun (1960) mengemukakan dua jenis pengelompokan peserta didik:
·         Ability grouping, adalah pengelompokan berdasarkan kemampuan didalam setting sekolah.
·         Sub-grouping with in the class, adalah pengelompokan berdasarkan kemampuan dalam setting kelas.

B. Pembinaan Disiplin Peserta Didik
Pembinaan peserta didik merupakan salah satu kajian dalam memahami manajemen peserta didik. Dalam mempelajari pembinaan peserta didik, kita dapat menganalisis:
1.      Displin Kelas
Disiplin kelas adalah keadaan tertib dalam suatu kelas yang didalamnya tergabung guru dan siswa taat kepada tata tertib yang telah ditetapkan. Dengan disiplin para siswa bersedia untuk tunduk dan mengikuti peraturan tertentu dan menjauhi larangan tertentu. Pengelolaan kelas yang baik akan menciptakan disiplin kelas yang baik. Kelas dinyatakan disiplin apabila setiap siswanya patuh pada aturan main/tata tertib yang ada, sehingga dapat terlibat secara optimal dalam kegiatan belajar.

2.      Tahapan untuk Membantu Mengembangkan Disipin yang Baik dalam Kelas
Ada beberapa langkah untuk membantu mengembangkan disiplin yang baik dalam kelas, yaitu sebagai berikut:
·       Perencanaan
·       Mengajar siswa bagaimana mengikuti aturan
·       Merespon secara tepat dan kontruktif ketika masalah timbul.

3.      Penanggulangan Pelanggaran Disiplin
Penanggulangan pelanggaran disiplin kelas perlu dilaksanakan secara penuh kehati-hatian, demokratis dan edukatif. Cara-cara penanggulangan dilaksanakan secara bertahap dengan tetap memperhatikan jenis gangguan yang ada dan siapa pelakunya, apakah dilakukan oleh individu atau kelompok. Langkah tersebut mulai dari tahapan pencegahan sampai pada tahap penyembuhan, dengan tetap bertumpu penekanan substansinya bukan pada pribadi peserta didik. Disamping itu juga harus tetap menjaga perasaan kecintaan terhadap peserta didik bukan karena rasa benci atau emosional.
4.      Membentuk Disiplin Sekolah
Sekolah yang tertib, aman, dan teratur merupakan prasyarat agar siswa dapat belajar secara optimal. Kondisi semacam ini dapat terjadi jika disiplin disekolah berjalan dengan baik. Kedisiplinan siswa dapat ditumbuhkan jika iklim sekolah menunjukkan kedisiplinan. Siswa baru akan segera menyesuaikan diri dengan situasi sekolah. Jika situasi sekolah disiplin, siswa akan ikut disiplin. Kepala sekolah memegang peran penting dalam membentuk disiplin sekolah, mulai dari merancang, melaksanakan dan menjaganya.

C. Mengatur Kehadiran dan Ketidakhadiran Peserta Didik
Kehadiran peserta didik disekolah (school attandance) adalah kehadiran dan keikutsertaan peserta didik secara fisik dan mental terhadap aktivitas sekolah pada jam-jam efektif disekolah. Sedangkan ketidakhadiran adalah ketiadaan partisipasi secara fisik peserta didik terhadap kegiatan-kegiatan disekolah.
Kehadiran peserta didik disekolah sangat penting, oleh karena itu kalau tidak ada peserta didik yang hadir disekolah, aktivitas belajar mengajar disekolah tidak dapat dilaksanakan. Kehadiran peserta didik disekolah adalah suatu kondisi yang memungkinkan terjadinya interaksi belajar mengajar. Peserta didik yang hadir lebih memungkinakan untuk terlibat aktif dalam interaksi tersebut, dan tidak demikian bagi peserta didik yang tidak hadir.
            Pada jam-jam efektif sekolah, peserta didik memang harus berada disekolah, kalau tidak ada disekolah, haruslah dapat memberikan keterangan yang syah serta diketahui oleh orang tua atau walinya. Hal demikian sangat penting, oleh karena ada insiden-insiden seperti: peserta didik menyatakan kepada orang tua atau walinya bahwa ia berangkat kesekolah, tetapi ternyata tidak hadir disekolah. Carter V. Good (1981) memberi batasan.

D. Kenaikan Kelas
Kenaikan kelas merupakan hasil akhir dari serangkaian evaluasi yang diadakan oleh lembaga pendidikan kepada peserta didik. Evaluasi hasil belajar peserta didik perlu dilakukan dan diketahui untuk melihat sejauh mana perkembangan peserta didik dalam kurun waktu tertentu/ dari waktu ke waktu. Manfaat dari evaluasi ini adalah selain bagi peserta didik itu sendiri untuk mengetahui seberapa besar perkembangan kognitif, afektif dan psikomotor selama mengikuti pendidikan.
Kenaikan kelas merupakan cermin akhir evaluasi untuk menentukan keberhasilan siswa/ siswi dalam proses belajar mengajar selam satu tahun sebelumnya, dengan tujuan untuk menduduki/ mengikuti pelajaran pada satu tingkat kelas diatasnya.

E. Perpindahan Peserta Didik
Perpindahan peserta didik adalah proses perpindahan tempat pendidikan dari suatu institusi sekolah yang satu ke institusi pendidikan sejenis yang lainnya diwilayah RI. Mutasi adalah perpindahan peserta didik dari kelas satu ke kelas lain yang sejajar, dan atau perpindahan peserta didik dari sekolah satu ke sekolah lain yang sejajar.
            Mutasi ini dapat dilakukan oleh peserta didik, oleh karena ia memang berhak untuk mendapatkan layanan pendidikan sesuai dengan yang ia butuhkan dan ia minati. Meskipun untuk itu ia harus memenuhi persyaratan-persyaratan tertentu yang ditentukan tempat peserta didik tersebut harus diterima. Penentuan persyaratan demikian sangatlah penting, oleh karena kalau tidak, peserta didik akan pindah ke sekolah-sekolah favorit, sementara sekolah-sekolah yang tidak favorit akan semakin kehilangan peserta didiknya.

F. Penyelenggaraan Kegiatan Ekstrakurikuler Sebagai Program Layanan Khusus dalam Pendidikan Disekolah
Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran biasa dan pada waktu libur sekolah yang dilakukan baik disekolah maupun diluar sekolah, dengan tujuan untuk memperluas pengetahuan siswa, mengenal hubungan antara berbagai mata pelajaran, menyalurkan bakat dan minat serta melengkapi upaya pembinaan manusia Indonesia seutuhnya.
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang baik dan penting karena memberikan nilai tambah bagi para siswa dan dapat menjadi barometer perkembangan/ kemajuan sekolah yang seringkali diamati oleh orang tua siswa maupun masyarakat. Dengan adanya kegiatan ekstra tersebut diharapkan suasana sekolah semakin lebih hidup.
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan beberapa kegiatan yang diberikan kepada peserta didik dilembaga pendidikan yang bertujuan untuk menonjolkan potensi diri yang belum terlihat diluarkegiatan belajar mengajar, memperkuat potensi yang telah dimiliki peserta didik. Biasanya lembaga pendidikan (sekolah) memiliki lebih dari lima kegiatan estrakurikuler, agar peserta didik dapat memilih kegiatan yang diminatinya, berikut ini beberapa contoh kegiatan ekstrakurikuler yang terdapat dilembaga kependidikan:
1.)    Ekstra bola basket
2.)    Ekstra pramuka
3.)    Ekstra tari
4.)    Ekstra lesson
5.)    Ekstra karate atau perisai diri
6.)    Ekstra bola volley
7.)    Ekstra komputer.
Selain itu menurut Hadari Nawawi (1985: 177-178) jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler yaitu:
1.)      Pramuka sekolah
2.)      Olahraga dan kesenian
3.)      Kebersihan dan keamanan sekolah
4.)      Tabungan Pelajar dan Pramuka (Tapelpram)
5.)      Majalah sekolah
6.)      Warung/ kantin sekolah
7.)      Usaha kesehatan sekolah.

2.3 Kelulusan dan Alumni
            A. Kelulusan
            Penilaian oleh satuan pendidikan bertujuan menilai pencapaian standar kompetensi lulusan untuk semua mata pelajaran sesuai programnya sebagai bentuk transparansi, profesional, dan akuntabel lembaga. Dalam pelaksanaannya penilaian ini, guru mempertimbangkan hasil penilaian atas siswa. Sekolah dapat menentukan batas kelulusan sama atau lebih besar dari batas yang dirumuskan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
            Penilaian oleh pemerintah bertujuan menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Dalam pelaksanaannya, pemerintah menugaskan BSNP untuk menyelenggarakan ujian nasional, yang dilaksanakan selama tiga hari. Hasilnya sebagai salah satu pertimbangan untuk pemetaan mutu program, dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya, penentuan kelulusan peserta didik, pembinaan, dan pemberian bantuan kepada pihak sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
            Dalam UU Sisdiknas Bab V tentang Standar Kompetensi Lulusan pasal 25 diketahui bahwa kompetensi kelulusan harus mencakup sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik). Standar kompetensi ini harus menjadi acuan pada pemerintah dalam menetapkan standar kelulusan.
            Agar lulusan pendidikan menghasilkan sumber daya manusia yang sesuai harapan, maka dibuat pendidikan terpadu. Sistem pendidikan harus memperhatikan seluruh unsur pembentuk sistem pendidikan yang unggul. Ada tiga faktor: pertama sinergi antara sekolah, masyarakat, dan keluarga, kedua kurikulum yang terstruktur dan terprogram mulai dari tingkat TK hingga Perguruan Tinggi; ketiga berorientasi pada pembentukan tsaqafah Islam, berkepribadian Islam dan penguasaan ilmu pengetahuan.
B. Alumni
Alumni sebagai warga istimewa dan memiliki ikatan batin yang kuat dengan sekolah, diharapkan peran sertanya dalam meningkatkan mutu pendidikan disekolah dimana mereka dahulu telah merasakan layanan jasa pendidikannya.
Ada berbagai cara yang dapat diberikan oleh para alumni, misalnya sumbangan pemikiran untuk mencari konsep dan cara kerja meningkatkan mutu layanan pendidikan, memberikan sumbangan pelatihan atau informasi yang dibutuhkan oleh warga sekolah, mendukung secara moral dan finansial kebutuhan dan upaya sekolah dalam peningkatan mutu, memberikan beasiswa kepada anak-anak berprestasi tetapi tidak mampu secara ekonomi, menghubungkan dengan pihak-pihak terkait yang dapat memberikan konstribusi apapun terhadap almamater, dan sebagainya.
Bantuan dan partisipasi yang diharapkan tentu tidak hanya bersifat insidental, namun berkelanjutan. Diberbagai sekolah, juga disekolah-sekolah Pangudi Luhur, telah terbentuk entah Ikatan Alumni, Perkumpulan Alumni, Yayasan Alumni, sebagai wadah secara “organisatoris” untuk berpartisipasi aktif meningkatkan mutu layanan pendidikan almamaternya.
Alumni sebagai salah satu petaruh atau stakeholder sekolah tentu saja diharapkan memiliki peran dan memberikan kontribusi yang tidak kecil terhadap sekolah. Memang sekolah pada umunya sekarang ini membutuhkan bantuan finansial, tetapi sebenarnya bukan itu saja yang diharapkan tetapi juga menyangkut bantuan pengelolaan manajemen, peningkatan sumber daya termasuk para personilnya, sistem kepemimpinan dan organisasi, komunikasi dan kerja sama, dan sebagainya. Singkatnya dari berbagai segi, alumnus, dapat memberikan sumbangsihnya.




BAB III
 PEMBAHASAN

3.1       Pelaksanaan Observasi
          Kami melakukan observasi di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathaniyah Kota Gorontalo.

3.2       Waktu
       Kegiatan observasi yang kami lakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Wathaniyah Kota Gorontalo pada hari Kamis 8 Oktober 2015.

3.3       Prosedur
        Kegiatan observasi ini kami lakukan dengan metode wawancara yaitu dengan mengumpulkan informasi dan memberikan daftar pertanyaan kepada Kepala Sekolah di Madrasah tersebut. Adapun pertanyaan yang diajukan yaitu :
1.)           Bagaimanakah sistem pendaftaran penerimaan siswa baru di madrasah?
2.)           Bagaimanakah sistem seleksi penerimaan siswa baru di madrasah?
3.)           Apa penentu kelulusan penerimaan siswa baru di madrasah?
4.)           Bagaimanakah sistem penempatan dan pengelompokan peserta didik dimadrasah?
5.)           Bagaimanakah tingkat kedisiplinan siswa yang ada di madrasah?
6.)           Bagaimanakah proses pembelajaran yang ada di madrasah?
7.)           Bagaimanakah bentuk evaluasi belajar yang ada di madrasah?
8.)           Bagaimanakah bentuk mutasi siswa yang ada di madrasah?
9.)           Bagaimanakah bentuk kegiatan ekstrakurikuler dan intrakurikuler di madrasah?
10.)       Bagaimanakah persiapan Ujian Akhir bagi kelas 6 di madrasah?
11.)       Bagaimanakah pelaksanaan Ujian Akhir bagi kelas 6 di madrasah?
12.)       Bagaimanakah bentuk kelulusan bagi kelas 6 di madrasah?
13.)       Bagaimanakah bentuk pemberdayaan terhadap alumni di madrasah?


BAB IV
HASIL OBSERVASI

4.1  Penerimaan Siswa Baru
a.      Pendaftaran
Penerimaan siswa baru di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo menggunakan sistem promosi, yaitu penerimaan peserta didik  yang sebelumnya tanpa menggunakan seleksi. Mereka yang mendaftar sebagai peserta didik di sekolah, diterima semua begitu saja. Sehingga mereka yang mendaftar menjadi peserta didik, tidak ada yang ditolak.
Adapun cara yang digunakan dalam pendaftaran masih bersifat manual. Dalam artian orang tua peserta didik mengambil formulir pendaftarannya secara langsung pada panitia penerimaan siswa baru disekolah, dan melengkapi beberapa persyaratan yang dibutuhkan seperti:
1.)    Ijazah TK
2.)    Fotocopy raport TK
3.)    Pas photo
4.)    Akta kelahiran
5.)    Kartu keluarga
6.)    JamKesMas/ Surat Keterangan Miskin (jika ada).

b.      Seleksi
Menurut keterangan yang kami dapatkan dalam wawancara, untuk seleksi penerimaan peserta didik di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo tidak menggunakan jenis seleksi apapun. Sebab peserta didik yang mendaftar di Madrasah ini kurang dari daya tampung yang dimiliki. Selain itu pula, pihak madrasah dalam penerimaan peserta didik juga memprioritaskan umur sebagai dasar penerimaan. Hal ini hanya berlaku apabila peserta didik yang mendaftar melebihi daya tampung yang dimiliki oleh madrasah.



c.       Penentu Kelulusan
Penentu kelulusan calon peserta didik di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo dilihat dari peserta didik yang mengembalikan formulir dan melengkapi persyaratan-peryaratan yang ada. Sebab hal ini dianggap sebagai bentuk kesiapan peserta didik oleh pihak madrasah.
Setelah calon peserta didik diterima sebagai peserta didik di madrasah, data peserta didik pun dapat dilihat secara keseluruhan dalam buku induk siswa yang sebagaimana terlampir pada lampiran 1 serta data keadaan peserta didiknya dapat dilihat di papan statistik sebagaimana pula yang terlampir pada lampiran 2.


4.2  Pembinaan Kesiswaan
a.      Penempatan Peserta Didik
Menurut keterangan yang kami dapatkan dalam wawancara, bahwa untuk penempatan peserta didik di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo tidak menggunakan dasar penempatan apapun. Hal ini dikarenakan siswa yang ada di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo masih terbilang sedikit. Sehingga tidak memungkinkan untuk dibagi atau dikelompokkan menurut apapun.

b.      Kedisiplinan
Kedisiplinan siswa di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo diatur oleh pihak sekolah dalam sebuah tata tertib seperti yang terlampir pada lampiran 3. Selain itu pula untuk kehadiran siswa disekolah dimulai pada pukul 06.00 dan kembali pada pukul 12.10 setelah shalat Zuhur bersama. Sebagian besar siswa patuh terhadap peraturan-peraturan tersebut sehingga pihak sekolah memberikan apresiasi kepada siswa yang paling patuh berupa penghargaan dan hadiah  pada acara akhir semester. Akan tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak melaksanakan kedisiplinan tersebut seperti terlambat dan bolos. Dan setelah ditelusuri ternyata sebagian dari mereka adalah anak-anak pengamen yang berasal dari lingkungan yang kumuh. Sekolah dalam hal ketidakdisiplinan juga memberikan penanganan kepada siswa-siswa tersebut dengan pemberian bimbingan hingga pelibatan orang tua. Program bimbingan yang dilaksanakan oleh pihak sekolah hanya bimbingan sederhana yang dilakukan oleh wali kelas masing-masing. Sebab dalam hal ini wali kelas adalah guru terdekat dari peserta didik.
c.       Proses Pembelajaran
Proses pembelajaran di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo menggunakan sistem pembelajaran yang sama seperti sekolah-sekolah sederajat lainnya, yaitu dengan menggunakan sistem pembelajaran berdasarkan jadwal mata pelajaran yang sudah disusun sedemikian rupa oleh pihak sekolah sebagaimana yang terlampir pada lampiran 4. Sehingga proses pembelajaran berjalan berdasarkan waktu yang telah ditentukan.

d.      Evaluasi Belajar
Evaluasi pembelajaran yang ada di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo sama seperti sekolah-sekolah sederajat lainnya, yaitu berupa Ulangan Harian, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Semester.  Untuk beberapa siswa yang bermasalah seperti tidak tuntas dalam beberapa mata pelajaran,  akan diberikan ujian khusus yaitu remidial untuk menguji kemampuan yang dimiliki dalam mencapai KKM yaitu dengan nilai minimal 75.
Selain itu pula keberhasilan peserta didik yang berprestasi disekolah juga mendapat apresiasi khusus dari pihak sekolah berupa penghargaan seperti yang tercatat dalam buku laporan prestasi yang ada di lampiran 5.

e.       Mutasi
Menurut keterangan yang kami dapatkan dalam wawancara, bahwa untuk mutasi peserta didik di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo sampai saat ini belum ada. Entah itu mutasi tingkat kelas ataupun tingkat sekolah. Sebab segala permasalahan yang ada hubungannya dengan peserta didik sampai saat ini masih dapat diatasi dengan baik oleh pihak sekolah, terutama oleh tiap-tiap wali kelas yang berperan sebagai koordinator.

f.       Intrakurikuler dan Ekstrakurikuler
Di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo terdapat kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler sekolah. Kegiatan intrakurikuler tersebut adalah dzikir bersama setiap hari jum’at. Kegiatan ini sebagai kegiatan rutin yang paling utama dilakukan dalam membentuk kebiasaan siswa secara religius.
Selain itu, di madrasah ini juga terdapat kegiatan ekstrakurikuler seperti tilawatil qur’an, kesenian, olahraga, dan kepramukaan yang dilaksanakan diluar jam kegiatan belajar mengajar sebagai bentuk kegiatan tambahan untuk peserta didik dalam mengembangkan minat dan bakatnya. Adapun segala kegiatan-kegiatan yang dimaksud dapat dilihat dalam lensa kegiatan sebagaimana yang terlampir pada lampiran 6.


4.3  Kelulusan
a.      Persiapan Ujian
Di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo, Ujian Akhir bagi kelas 6 juga menjadi perhatian khusus bagi pihak sekolah. Dalam menjelang pelaksanaan Ujian Akhir, pihak sekolah telah mempersiapkan beberapa persiapan khusus yang terkait dengan ujian. Dan persiapan itu dimulai pada awal semester genap. Persiapan itu berupa pemberian jam tambahan belajar atau les, pelatihan pengerjaan soal-soal ujian yang dilakukan selama 4 bulan menjelang pelaksanaan, serta karantina disekolah selama 1 minggu terakhir pelaksanaan ujian.

b.      Ujian
Pelaksanaan Ujian Akhir bagi kelas 6 di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo dilakukan serentak dengan sekolah-sekolah sederajat lain pada umumnya.

c.       Kelulusan
Kelulusan di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo menggunakan sistem pengumuman. Sistem pengumuman yang dimaksud yaitu berupa pengumuman yang disampaikan secara langsung oleh pihak sekolah. Pengumuman tersebut dilaksanakan bersamaan pada saat penerimaan Buku Laporan Pendidikan serta sekaligus dirangkaikan dengan perpisahan dan pelepasan siswa.

d.      Alumni
Pemberdayaan alumni di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo dapat dilihat dari bentuk pelibatan yang dilakukan pihak madrasah terhadap lulusan-lulusannya. Pelibatan tersebut seperti pelibatan beberapa siswa yang memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang ekstrakurikuler yang meliputi bidang kesenian, olahraga, dan kepramukaan. Sehingga dengan pelibatan ini sekolah bisa meraih beberapa prestasi dan penghargaan dibidang akademik maupun non akademik seperti yang terlampir pada lampiran 7. Dan pada saat ini MI Al-Wathaniyah mendapat akreditas A, dengan jumlah peserta didik sebanyak 131 siswa (data rekapitulasi jumlah siswa terlampir).



BAB V
PENUTUP

5.1 Kesimpulan
     Berdasarkan hasil observasi yang kami lakukan di MI Al-Wathaniyah Kota Gorontalo dapat disimpulkan bahwa dalam hal pengelolaan peserta didik menurut Hendayat Soetopo dan Wasty Soemanto (1982) adalah merupakan suatu penataan atau pengaturan segala aktivitas yang berkaitan dengan peserta didik, yaitu dari mulai masuknya peserta didik sampai dengan keluarnya peserta didik tersebut dari suatu sekolah atau suatu lembaga. Dengan demikian pengelolaan peserta didik itu bukanlah dalam bentuk pencatatan/ pengelolaan data peserta didik saja, melainkan meliputi aspek yang lebih luas, yang secara operasional dapat dipergunakan untuk membantu kelancaran upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan di sekolah. Pengelolaan peserta didik dalam lembaga pendidikan (sekolah) meliputi, penerimaan peserta didik baru, pembinaan kesiswaaan, serta kelulusan dan alumni.

5.2 Saran
Kami sebagai penyusun menyarankan kepada pembaca agar dapat mempergunakan laporan observasi ini sebagai penunjang pelaksanaan dalam pembelajaran. Selain itu pula jika sekiranya dalam laporan ini terdapat kekurangan baik dari segi penyusunan maupun bahasanya, agar kiranya dapat melengkapi dengan kritikan-kritikan dan masukan yang bersifat membangun demi kesempurnaan dalam laporan ini.




DAFTAR PUSTAKA

Prihatin, Eka. 2011. Manajemen Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.
Mulyasa, E. 2002. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto,
Suharsimi.1998. Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: CV Rajawali. 

0 komentar:

Posting Komentar